Sayangi Jantungmu Dengan Madu

Masalah jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia.Setiap orang berpotensi terkena serangan jantung meskipun ia sebelumnya tidak memiliki masalah kesehatan yg berpotensi menyebabkan serangan jantung, seperti masalah kardiovaskular, hipertensi, diabetes atau obesitas.
Jantung merupakan organ vital tubuh kita yg setiap harinya sepanjang hidup kita bekerja nonstop. Jika jantung berhenti bekerja maka usai sudah hidup kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.
Madu ternyata juga bermanfaat untuk mencegah dan membantu dalam mengobati masalah jantung.
Benarkah?
Yuk bahas! 
Madu telah dimanfaatkan dalam pengobatan berbagai penyakit sejak 2000 SM. Pada awalnya madu digunakan dalam wound healing atau penyembuhan luka. Selanjutnya madu dikenal sebagai obat diare, batuk dan berbagai penyakit lainnya.
Madu mengandung berbagai senyawa yg bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Madu dikenal sebagai antibakteri, anti-inflamasi, anti oksidan, dan sebagainya.
Madu kaya akan senyawa fenolik, yang berperan sebagai antioksidan alami. Berbagai unsur fenolik terkandung dalam madu seperti kuersetin, asam caffeic phenethyl ester (CAPE), acacetin, kaempferol, dan galangin. Unsur-unsur tersebut berperan penting dalam pengobatan penyakit kardiovaskular.
Banyak penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa asupan senyawa fenolik secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam penyakit jantung koroner, efek perlindungan senyawa fenolik meliputi antitrombotik, anti-iskemik, anti-oksidan, dan vasorelaksan.
Kandungan flavonoid pun dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dengan tiga tindakan utama: memperbaiki vasodilatasi koroner, menurunkan risiko terjadinya pembekuan trombosit dalam darah, dan mencegah lipoprotein low-density (LDLs) dari pengoksidasi.
Dengan rutin mengkonsumsi madu 2-5 sdm per hari, kita dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung. Madu yg direkomendasikan adalah raw honey atau madu non olahan karena nutrisinya masih alami terjaga. Cara konsumsi yg direkomendasikan adalah dengan melarutkan raw honey dgn air hangat (40-60°C) dan meminumnya setiap bangun dan sebelum tidur atau saat perut kosong.
Yuk sayangi jantung kita!
Yuk rutin konsumsi madu!
Stay healthy with raw honey..

Komentar